Selasa, 18 Januari 2011

Rokok Hanya Butuh Beberapa Menit untuk Merusak DNA

Sebuah rokok ternyata tak perlu waktu lama untuk membuat kerusakan genetik pada tubuh kita. Sebuah penelitian menyebutkan rokok bisa merusak genetik hanya dalam beberapa menit.

Penelitian yang dipimpin Dr Stephen Hecht dari University of Minnesota ini mempelajari tingkat zat berbahaya yang dikenal sebagai polisiklik aromatik hidrokarbon (PAH) pada 12 perokok.

Sebelumnya mereka percaya kalau PAH salah satu zat berbahaya yang menjadi penyebab utama kanker paru-paru. Namun, mereka belum mendapatkan hubungannya dengan kerusakan DNA.

Akhirnya, mereka melakukan percobaan dengan menambahkan PAH dengan kandungan fenantrena pada rokok yang kemudian diisap 12 peserta.

Hasilnya mereka menemukan kandungan fenantrena dengan cepat membentuk zat beracun dalam darah hingga menyebabkan mutasi DNA yang dapat menyebabkan kanker. Setelah mereka menghitung waktu yang dibutuhkan PAH untuk merusak DNA ternyata terhitung hanya 15 sampai 30 menit setelah peserta selesai merokok.

"Penelitian ini sangat unik. Ini adalah kali pertama kami menyelidiki akibat murni PAH pada kerusakan tubuh di luar sumber-sumber paparan lain seperti polusi udara atau diet," jelas Hect.

Hect juga berharap hasil penelitiannya ini bisa menjadi pertimbangan penting bagi semua orang yang berpikir ingin merokok.

Tidak ada komentar: